Selamat Datang di Website Resmi Pusat Pendidikan Peralatan Puspalad

         DANPUSDIKPAL


Kolonel Cpl ARDIANSYAH PUTRA, S.E.

PENGUMUMAN

PUSDIKPAL IKUTI UPACARA HARI LAHIR PANCASILA MELALUI DARING

Attention: open in a new window. PDFPrintWrite e-mail

PUSDIKPAL IKUTI UPACARA HARI LAHIR PANCASILA MELALUI DARING

 


Cimahi. Pusdikpal mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila melalui daring di Ruang Ahmad Yani Pusdikpal yang dihadiri oleh Komandan Pusat Pendidikan Peralatan (Danpusdikpal) Kodiklatad Kolonel Cpl Octovianus Oskar Engelberth, S.I.P., Wakil Komandan Pusdikpal, Para Pejabat Utama Pusdikpal, perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Pusdikpal. Rabu, 1 Juni 2022. Sedangkan daring yang digelar di Gedung Ary Gunawan Pusdikpal diikuti oleh seluruh Siswa Pusdikpal.


Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Kenegaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengajak anak muda bangsa untuk membumikan Pancasila.


"Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata Presiden dalam amanatnya di Lapangan Pancasila.


Dari kota bersejarah yang menjadi tempat Sang Proklamator Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila, Kota Ende, Presiden menyebut Pancasila bukan hanya mempersatukan masyarakat, melainkan menjadi bintang penuntun ketika bangsa menghadapi ujian. Hal itu telah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa dan negara karena masyarakat berlandaskan Pancasila.


Pada kesempatan itu, Presiden mengingatkan masyarakat harus betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan untuk mewujudkan sistem masyarakat, kebangsaan, dan kenegaraan. Presiden pun meminta agar ada implementasi tata kelola pemerintahan yang menjiwai interaksi sesama anak bangsa.