Selamat Datang di Website Resmi Pusat Pendidikan Peralatan Puspalad

         DANPUSDIKPAL


Kolonel Cpl ARDIANSYAH PUTRA, S.E.

PENGUMUMAN

DANPUSDIKPAL TINJAU LATIHAN SATBANPAL SISWA DIKJURTA PAL

Attention: open in a new window. PDFPrintWrite e-mail

DANPUSDIKPAL TINJAU LATIHAN SATBANPAL SISWA DIKJURTA PAL
Cimahi. Komandan Pusat Pendidikan Peralatan (Danpusdikpal) Kodiklatad Kolonel Cpl Octovianus Oskar Engelberth, S.I.P. meninjau pelaksanaan Latihan Satuan Bantuan Peralatan (Satbanpal) Dikjurtapal Abit Dikmata Tahap I TNI AD TA 2021 (OV) yang digelar di daerah Latihan Cirawa Komplek. Kamis, 30 Juni 2022. Dalam kegiatan tersebut, Danpusdikpal didampingi oleh Wakil Komandan Pusdikpal serta para Penyelenggara Latihan menyaksikan langsung kegiatan Latihan puncak yaitu Hanmars sejauh 16 Km. Kehadiran seorang Komandan ditengah-tengah Siswa merupakan spirit bagi Siswa Dikjurtapal dalam melaksanakan kegiatan Latihan Puncak Satbanpal.
Latihan Satbanpal yang diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 28 Juni sampai dengan 30 Juni 2022 dan telah melalui beberapa dinamika persoalan untuk menguji keterampilan Siswa Pusdikpal sebagai Prajurit Peralatan TNI AD didalam menghadapi tantangan tugas di Satuan yang akan datang. Adapun materi yang diujikan yaitu Perbaikan Meriam 76 mm, Mengatasi gangguan Mortir 81 mm milik Kompi Bantuan, Perbaikan Tank Rusak yang diindikasi mengalami Over Heat, Identifikasi Materiil Rampasan di PPS musuh, Mengatasi Senjata Senapan Mesin Sedang yang rusak milik Kompi B, Maintenance Floot Senapan Mesin Ringan milik Peleton Kompi B, Perbaikan Rantai Tank yang putus, Identifikasi Materiil Rampasan Sektor Kanan Kompi B, Bekal ulang Munisi di GT II, Disposal Materiil hasil Rampasan dari GT 2 dan Sasaran, dipuncak latihan Satbanpal para Siswa Dikjurtapal Pusdikpal melaksanakan kegiatan Longmars dari daerah Latihan Cirawa Komplek menuju Homebase Pusdikpal.
“Latihan Satbanpal ini diwujudkan dengan beberapa dinamika persoalan yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterampilan dan pelajaran yang diserap oleh Siswa Dikjurtapal selama menerima materi di Pusdikpal sebagai seorang Prajurit Peralatan dihadapkan dengan tantangan tugas di Satuan”, jelas Danpusdikpal.
Disela-sela kegiatan Latihan Satbanpal, Pusdikpal menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial yang berupa pemberian tali asih, pemberian bantuan benih atau bibit tanaman, pemberian sarana olahraga dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat di daerah Latihan Cirawa Mekar. Kegiatan Bakti Sosial ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke 76 Tahun Korps Peralatan dan bukti kepedulian Pusdikpal terhadap masyarakat di daerah Latihan.
“Kegiatan Bakti Sosial yang diselenggarakan oleh Pusdikpal di daerah Latihan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT Ke 76 Tahun Peralatan dan wujud dari kemanunggalan TNI dengan rakyat serta aplikasi dari Delapan Wajib TNI yaitu menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Sesuai dengan tema HUT Peralatan yang Ke-76 yaitu dengan Semangat Dwi Cakti Bhakti kita wujudkan prajurit peralatan yang professional, modern dan adaptif sebagai pilar TNI AD”, ungkap Kolonel Cpl Octovianus Oskar Engelberth, S.I.P.